Cara Agar Tanaman Buah Cepat Tumbuh Bunga

Cara Agar Tanaman Buah Cepat Tumbuh Bunga

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Teknik Merangsang Pembentukan Bunga Pada Tanaman Buah. Kenapa tanaman harus kita rangsang agar berbunga dan berbuah? Apa tidak lebih baik kita biarkan saja tumbuh dan berkembang secara alami? Memang lebih bagus jika tanaman buah kita dapat berbunga dan berbuah secara alami ketimbang ‘dipaksakan’. Namun seringkali kita menemukan tanaman buah yang sudah dewasa dan semestinya masuk fase generatif tapi tak kunjung berbunga dan berbuah. Nah, untuk itulah teknik ini digunakan, yakni merangsang agar tanaman buah dapat segera berbunga.

Cara Agar Tanaman Buah Cepat Berbunga
Sebelum saya beberkan teknik menumbuhkan bunga pada tanaman buah, terlebih dahulu saya bagikan beberapa pengetahuan terkait dengan kondisi dan kebutuhan tanaman agar dapat berbuah secara maksimal. Mungkin untuk para senior perihal ini sudah hafal, tapi untuk pekebun newbie seperti saya pengetahuan ini cukup penting untuk diperhatikan agar tidak salah dalam mengambil tindakan terhadap tanaman kita.

Tanaman yang akan dibuahkan harus memenuhi prasyarat sebagai berikut:

Tanaman dalam kondisi sehat. Tanda-tanda tanaman sehat diantaranya adalah percabangan yang merata, daun berwarna hijau tua mengkilat dan tidak sedang terserang hama atau penyakit.
Tanaman sudah cukup umur atau sudah pernah berbunga. Pembungaan di bawah umur dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan vegetatif tanaman yang mengakibatkan postur tanaman menjadi kerdil dan tidak sehat.

Beberapa teknik konvensional membuahkan tanaman yang sering ditemui di lapangan adalah:
1. Pengeratan
Teknik ini dilakukan dengan mengerat pembuluh floem (kulit pohon) melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai kelihatan pembuluh xylem (kayu pohon).
2. Pruning
Memangkas daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun.
3. Pelukaan
Melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, mencacah, memaku atau mengiris kulit kayu.
4. Pengikatan
Mengikat erat pohon dengan kawat hingga transpor hasil fotosintesa pembuluh floem terhambat.
5. Stressing air
Tidak menyiram tanaman hingga mencapai titik layu . kemudian dengan tiba-tiba melakukan penggenangan perakaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Kelima cara konvensional di atas pada prinsipnya adalah mengubah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) atau “C/N ratio” dalam tubuh tanaman. Cara konvensional ini mempunyai kelemahan yaitu tak terukur. Kalau aplikasinya kebetulan pas, ya berhasil tapi kalau tidak pas ya gagal.
Kelemahan teknik “penyiksaan” lainnya adalah dapat mengakibatkan kerusakan pohon secara fisik dan fisiologis.

Teknik Pemboosteran Tanaman Buah Agar Cepat Berbunga
Teknik terkini yang lebih efektif dan paling banyak dipilih adalah dengan menggunakan teknologi baru; memanfaatkan pengetahuan tentang syarat dan kebutuhan tanaman buah untuk dapat berbuah yaitu dengan melakukan “pemboosteran” menggunakan pupuk pembuahan.

Ada banyak pupuk yang bisa dipilih untuk memicu tumbuhnya bunga/bakal buah pada tanaman. Saran saya adalah pilihlah pupuk yang mempunyai kandungan unsur hara p dan k yang tinggi. Anda mungkin juga sudah tahu bahwa unsur hara p mempunyai peran dominan dalam proses pembungaan.

Beberapa peran penting unsur hara P pada tanaman adalah:
1. Merangsang pembentukan akar baru
Pemberian pupuk dengan kandungan fosfor tinggi akan merangsang pertumbuhan akar baru. Dengan semakin banyaknya cabang perakaran akan membantu tanaman menyerap unsur hara lebih optimal.

2. Memperkuat batang
Pemberian pupuk yang mengandung fosfor tinggi sangat diperlukan bagi tanaman agar tidak mudah roboh atau rebah saat terkena hujan dan angin.

3. Merangsang pembentukan bunga dan buah
Unsur hara fosfor yang diserap oleh tanaman efektif untuk merangsang pembentukan bunga dan buah pada tanaman.

Selengkapnya bisa di lihat di sini

 

1 Comment

  1. Hello. I have checked your solokjex.com and i see you’ve got some
    duplicate content so probably it is the reason that you
    don’t rank high in google. But you can fix this issue fast.
    There is a tool that generates content like human,
    just search in google: miftolo’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *